Tour de Langkawi 2015 disebut-sebut akan menjadi tur yang lebih berat dari sebelumnya. Meski terdapat pengurangan jumlah hari dari 10 hari menjadi 8 hari, namun tur yang akan diselenggarakan pada 8 hingga 15 Maret ini menambah jumlah etape di kawasan pegunungan. Adapun total jarak tempuh tur ini mencapai 1.104,9 km.

Tahun ini Tour de Langkawi akan menampilkan dua etape di kawasan pegunungan Titiwangsa, pada tiga hari terakhir. Sedangkan rute yang diperpendek telah dirancang untuk mempercepat balapan.

“Walaupun diperpendek, menjadi 8 etape pada tahun ini, kami percaya seluruh elemen yang dibutuhkan untuk membuat race ini menjadi menarik telah terpenuhi. Itulah yang kami harapakan dari tur edisi ke-20 ini,” jelas CEO Race Datuk Malik Mydin, dikutip dari siaran pers penyelenggara.

toour de langkawi gowes Etape pertama dimulai di Pulau Langkawi ke Pantai Chenang yang berjarak 101.1km dan dilanjutkan dengan etape berikutnya, etape 2, dari Alor Star ke Sunai Petani yang berjarak 170km. Sedangkan etape 3, para pebalap diajak mendaki ke kawasan pegunungan Titiwangsa, dimulai di Gerik menuju timur laut Tanah Merah.

Para sprinter selanjutnya menempuh Kota Bharu ke Kuala Berang yang berjarak 165,4km dan melintasi perbukitan. Memasuki etape kelima yang berjarak 200km sekaligus etape terpanjang, para rider selanjutnya menuju ke Kuantan, dari Kuala Terengganu.

Dari sana, tur dilanjutkan dari Maran ke Karak (96,6km), Genting Highlands dan berakhir di Dataran Merdeka di pusat kota Kuala Lumpur.