Apa sih kepanjangan TRD ?, nah pada artikel kali ini kita akan membahas khusus apa arti dan maksud singkatan TRD pada emblem beberapa produk toyota. Anda mungkin pernah melihat beberapa tipe dari mobil Toyota seperti Toyota Fortuner, Toyota Agya, Toyota Vios, Yaris dibagian belakang, depan, samping bodi terdapat sebuah logo atau stiker dan emblem yang bertuliskan TRD. Merupakan kepanjangan dari Toyota Racing Development, logo atau stiker tersebut biasanya mendapatkan tambahan kata ‘sportivo‘ ada juga dengan tambahan huruf ‘S’. Sama seperti logo E, G, S atau varian tipe kendaraan Toyota, logo atau emblem TRD juga memiliki arti yang menunjukkan spesifikasi dari jenis mobil Toyota.

TRD pada awalnya adalah divisi khusus untuk pengembangan spare part dan aksesoris untuk keperluan balap bagi kendaraan Toyota. Seiring perkembangannya TRD berinovasi dengan menerapkan berbagai spare part racing ke kendaraan komersial yang dimiliki oleh Toyota. TRD sendiri memiliki dua cabang resmi yaitu TRD Asia yang diwakili oleh Toyota Technocraft Co. Ltd dan TRD Amerika. Sementara di Indonesia TRD masuk sejak tahun 2012 dan diperkenalkan pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) yang merupakan cabang TDR yang berpusat di Jepang.

TRD memiliki tiga produk utama yaitu TRD Product, TRD Sportivo dan TRD S, penjelasan dari ketiga produk sebagai berikut.
kepanjangan trd

Penjelasan TRD Produk

Merupakan produk asli atau berstandart TRD yang menghasilkan berbagai part untuk keperluan motor sport yang membutuhkan kecepatan dan aerodinamika kendaraan. Kebanyakan racing spare part yang dihasilkan masih asli produksi dari Jepang. Part ini hanya untuk keperluan kendaraan balap sirkuit tidak untuk kendaraan komersial.

Penjelasan TRD Sportivo

Produk yang dikembangkan bersama oleh Toyota Motor Corporation dengan TRD. Dikarenakan untuk keperluan kendaraan komersial part ini tentu saja harus sesuai dengan kriteria untuk tipe kendaraan jalanan. Sehingga part yang dikembangan lebih banyak ke unsur sport dengan sentuhan gaya balap.

Penjelasan TRD S

Sama seperti TRD Sportivo namun lebih banyak mengembangkan pada unsur stylish saja. Kebanyakan part yang dihasilkan hanya pada bodi saja baik interior maupun eksterior.
Hingga saat ini beberapa tipe kendaraan yang menggunakan teknologi TRD yang ada dipasaran Indonesia antara lain Toyota Fortuner, Toyota Yaris, Toyota 86, Toyota Rush dengan teknologi TRD Sportivo. Sementara dengan teknologi TRD S hadir pada Toyota Agya. TRD sekaligus menandakan sebagai varian tertinggi dari tipe kendaraan Toyota.