Kompas Minang Bike 2014

 

Peserta-Kompas-Bali-Bike-2013
Kompas Bali Bike 2013

Ini dia event gowes yang diadakan Kompas. Dengan konsep penyelamatan krisis lingkungan dan pengendalian pencemaran lingkungan, salah satu perusahaan media terbesar di Indonesia itu ingin mengajak masyarakat memulai hidup sehat dengan gowes. Mari gowes di Kompas Minang Bike 2014, salah satu gelaran even Kompas Jelajah Sepeda.

Even ini telah digelar sejak tahun 2008. Sebelumnya, Kompas juga telah mengajak masyarakat gowes funbike bersama di berbagai kota besar di Indonesia, antara lain di Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Palembang, dan Makassar. Ribuan masyarakat setempat antusias dan terlibat secara langsung.

Tidak hanya itu, Kompas juga menggelar perjalanan bersepeda jarak jauh yang diberi tajuk KOMPAS Jelajah Sepeda. Kegiatan gowes Kompas Jelajah Sepeda sudah lima kali digelar dengan rute:

  1. Tahun 2008 Anyer-Panarukan sejauh 1.200 kilometer
  2. Tahun 2010 Surabaya-Jakarta sejauh 1.200 kilometer
  3. Tahun 2011 Jakarta-Palembang sejauh 820 kilometer
  4. Tahun 2012 Bali-Komodo sejauh 610 kilometer
  5. Tahun 2013 Sabang-Padang sejauh 1.500 kilometer

 

KONSEP

Krisis lingkungan akrab di telinga: banjir bandang, krisis air bersih, kekeringan, kebakaran hutan, semua akibat pemanasan global serta pencemaran udara yang dihasilkan dari kendaraan umum dan pabrik serta ketidakperdulian terhadap lingkungan yang semakin nyata. Inilah alasan perusahaan media harian Kompas terpanggil untuk mengajak masyarakat menyelamatkan lingkungan dari krisis.

Tahun 2014 ini Kompas telah menggelar event gowes dengan konsep mendorong pengendalian pencemaran lingkungan dan mengajak masyarakat memulai hidup sehat dengan gowes, demi terciptanya hidup selaras dengan lingkungan. Even yang diselenggarakan pada 9 Mei – 11 Mei lalu itu adalah sebuah perjalanan di atas pedal menyusuri wilayah Minangkabau yang terkenal dengan sejarah dan budayanya.

Setelah lelah mengkampanyekan pilihan presiden masing-masing, saatnya kita kembali mengkampanyekan hidup sehat, hidup yang penuh petualangan, dan hidup yang indah dengan berwisata. Dalam even ini, peserta dapat menikmati kuliner khas Minang sembari menaklukan kelok 44 yang penuh tantangan.

KOMPAS Minang Bike ini bukan funbike, pun bukan lomba. Ini adalah gelaran yang menantang Anda yang merasa sanggup bersepeda sejauh 100 kilometer per hari!

Kompas Minang Bike 2014 direncanakan mengajak pesertanya menjelajahi kota Manado hingga Makassar. Mimpi dan tujuan Kompas adalah untuk menyatukan asa dari Sabang sampai Marauke pada 2015 dalam perjalanan di atas pedal sebagai bentuk pencapaian 50 Tahun Harian Pagi Kompas.

Bagi Goweser dan Gowesita yang tertarik untuk mengikuti even gowes ini, berikut informasi biaya pendaftaran dan cara registrasinya. Biaya pendaftaran Rp 6 juta, Rp 4,75 juta, dan Rp 4,5 juta. Biaya pendaftaran tersebut diatas sudah termasuk:

  1. Akomodasi penginapan selama semalam di Padang, semalam di Maninjau, dan semalam di Bukit Tinggi.
  2. Tiga jersey sepeda.
  3. Disediakan makanan lengkap tiga kali sehari; makan pagi, siang dan malam juga minuman dan buah-buahan selama perjalanan.
  4. Selama perjalanan mendapatkan pengawalan dari kepolisian dan juga team kesehatan dan logistik.
  5. Peserta akan menerima sertifikat dan medali dari penyelenggara KOMPAS Minang Bike 2014.
  6. Peserta akan dilindungi asuransi kecelakaan.
  7. 10 Peserta yang beruntung akan terpilih untuk berpartisipasi dan mengikuti Jelajah Sepeda Manado – Makasar sejauh 1.510 (18 Agustus – 01 September 2014).
Rute-Minang-Bike-2014
Rute Minang Bike 2014

Nah, untuk informasi selanjutnya mengenai Pendaftaran Jelajah Sepeda Manado – Makasar sejauh 1.510 pada 18 Agustus – 01 September 2014 silakan kunjungi website berikut: