Desain Sepeda Unik Keren ini adalah karya seorang mahasiswa ceko jurusan desain industri bernama Vojtěch (sojka). Sojka baru-baru ini mendesain ‘city electric bicycle’ sebagai project tesisnya di Universitas Teknologi di Brno Czech Republic (Republik Ceko).   Project ‘city electric bicycle’ dikembangkan sebagai bicycle concept. Konsep design untuk sebuah perusahaan sepeda “Superior” di Republik Ceko yang membantunya dalam produksi prototipe sepeda tersebut.

City Electric Bicycle Concept by Vojtěch Sojka

sepeda unik minimalis

Headtube, stem dan stang didesain menyatu, dan menggunakan bahan dari serat karbon. Sojka mendesain pada bagian ini terintegrasi dengan IPhone. Menggunakan fitur-fitur pendukung IPhone yang berfungsi sebagai alat pengukur kecepatan, mengontrol kekuatan dari motor dan fitur-fitur pendukung lainnya.

Desain sepeda unik keren justeru pada bagian yang bagi kebanyakan produsen sepeda tidak mungkin untuk diaplikasikan mengingat kekuatan stang akan menurun.

desain sepeda unik keren

Tujuan Sojka dengan project desain sepedanya adalah untuk menciptakan sepeda sporty yang menarik anak muda di lingkungan perkotaan. Sebenarnya sih lebih tampak futuristik daripada sporty, karena kesan minimalis dan berteknologi tinggi tergambar dari bentuk dan pewarnaannya.

sepeda sojka

Desain frame menggunakan bahan aluminium hydroformed dengan motor yang diletakkan di bottom bracket, agar terlihat bersih dan lebih baik daripada motor di hub belakang. Yang belum tahu apa itu aluminium hydroformed adalah proses pencetakan logam dalam hal ini aluminium dengan cairan hidraulis. Metode ini sering digunakan untuk membuat logam cetakan yang ringan sekaligus kuat. Baterai juga terletak di pusat seat tube, memakai carbon belt sebagai pengganti rantai dan Shimano hub Alfine.

electric bike

Perkembangan Desain Sepeda Unik Keren Menurut Sojka

Menurut Vojtěch Sojka: “Saya selalu senang melihat konsep seperti ini yang berpotensi dapat memperluas pasar untuk sepeda elektrik dengan penampilan yang berbeda.” Perlu dicatat bahwa Sojka mengerjakan proyek desain sepeda unik keren ini sekitar tahun 2011. Pada tahun itu belum tergambar seberapa pesat kemajuan teknologi, terutama sepeda listrik, kini (paling tidak berawal tahun 2020) kita sudah bisa melihat perkembangan sepeda listrik yang cenderung mirip versi mini motor. Itu juga karena pasar menginginkan sepeda seperti itu, bukan yang seperti ini.

sepeda listrik