Bagi wirausahawan, penting untuk menghabiskan waktu mereka untuk bisnis, bukan bisnis. Mengembangkan bisnis Anda tidaklah mudah dan menyewa asisten virtual dapat membantu Anda tetap dinamis dan sistematis, oleh karena itu, memungkinkan Anda untuk mendapatkan yang terbaik dari bisnis Anda.

Karena layanan outsourcing telah menjadi kebutuhan bagi sebagian besar industri kecil hingga menengah, sekarang konvensional untuk mengontrak layanan seseorang di luar negeri. Sebelum Anda mempekerjakan seseorang, Anda harus tahu jenis layanan apa yang Anda butuhkan dari mereka. Bergantung pada sifat bisnis Anda, ada berbagai jenis VA yang dapat membantu Anda memenuhi tuntutan administratif. Di bawah ini beberapa di antaranya:

Asisten Administrasi Virtual

Dikenal sebagai Asisten Virtual Umum. VA ini seperti sekretaris kantor Anda. Satu-satunya perbedaan adalah bahwa mereka bekerja di rumah mereka dan mereka tidak dapat membuat sandwich atau kopi untuk Anda. Sebagian besar pemilik bisnis yang sibuk tidak dapat memenuhi semua permintaan di industri mereka, oleh karena itu, yang terbaik adalah mendelegasikan tugas. Mereka dapat membantu Anda mengelola email dan kalender, membuat laporan dan presentasi, mengatur janji temu, dan banyak lagi lainnya, sehingga memungkinkan Anda fokus pada tugas inti bisnis Anda.

Asisten Virtual Artificial Intelligence (AI)

Kecerdasan buatan yang fungsinya sama namun dengan task atau job desk lebih sedikit, bisa atau tidaknya melakukan hal yang dibutuhkan tergantung dari pengembang. Asisten virtual AI contohnya adalah google asisten siri hingga aplikasi tanya veronika asisten virtual.

Asisten Virtual Pemasaran Media Sosial

Memasarkan industri Anda sangat penting untuk mendapatkan klien. Mempekerjakan seorang ahli media sosial adalah teknik yang bagus untuk mengiklankan bisnis Anda secara online. Penting bagi perusahaan saat ini untuk mengikuti tren terbaru agar produk dan layanan mereka terlihat dan dikenal. Bagaimana? Dengan mengontrak layanan pemasar media sosial, mereka dapat membantu Anda menyiarkan bisnis Anda sekaligus menghemat biaya promosi yang mahal. Para ahli ini dapat mengelola halaman Facebook perusahaan, LinkedIn, Twitter, Pinterest, dan situs media sosial lainnya di dunia online.

Penulis Asisten Virtual

Juga disebut penulis bayangan atau penulis kreatif, VA ini melakukan sebagian besar pekerjaan menulis untuk bisnis Anda. Menulis konten tidaklah mudah terutama ketika Anda mencoba memasarkan bisnis. Penulis artikel dapat membantu Anda menghasilkan tulisan yang substansial. Mempekerjakan staf jarak jauh yang dapat menulis dengan sangat baik dapat membantu Anda dalam memasarkan perusahaan Anda dan membantu Anda mengembangkan bisnis Anda.

Pembukuan Virtual

Ini adalah asisten virtual keuangan yang membantu Anda mengelola arus kas bisnis Anda. Dengan mempekerjakan ahli yang berkualifikasi dan tepercaya, Anda tidak perlu khawatir tentang pemrosesan penggajian dan area keuangan lain dari bisnis Anda. Sebelum mempercayakan tugas akuntansi kepada mereka, pastikan mereka memiliki keterampilan dan pemahaman yang tepat – ini untuk menghindari ketidakakuratan.

Asisten Virtual Real Estat

Ini adalah asisten admin yang memberikan layanan dan dukungan kepada para profesional real estat. Sebagian besar pekerja online Filipina menyediakan layanan semacam ini ke AS, Australia, dan Selandia Baru. Profesional real estate mendelegasikan sebagian besar tugas administratif ke VA mereka sehingga mereka dapat fokus pada penjualan lebih banyak properti. Selain melakukan pekerjaan administratif, mereka juga dapat menjadi bagian dari tim dukungan penjualan – selain melakukan pencarian prospek, pembuatan prospek, manajemen database, dan lain-lain. Asisten jarak jauh ini merupakan pendekatan hemat biaya dari agen karena mereka sekarang dapat memberikan lebih banyak perhatian pada kebutuhan klien dan staf internal mereka.

Mempekerjakan asisten virtual yang berkualifikasi dan terampil adalah salah satu langkah paling cerdas yang dapat Anda lakukan untuk bisnis Anda. Dengan memaksimalkan potensi mereka, mereka pasti dapat berkontribusi untuk mengembangkan bisnis Anda.